Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Matematika Menurut Para Ahli

loading...

Berikut beberapa Pengertian Matematika menurut para ahli, yaitu:

  • Suwangsih (2006: 3) berpendapat bahwa kata matematika berasal dari perkataan Latin “Mathematika” yang mulanya diambil dari perkataan Yunani “Mathematike” yang berarti mempelajari. Perkataan itu mempunyai asal katanya “Mathema” yang berarti pengetahuan atau ilmu (knowledge, science). Matematika mengkaji benda abstrak (bendapikiran) yang disusun dalam suatu sistem aksiomatis dengan menggunakan simbol (lambang) dan penalaran deduktif Sutawijaya (dalam Aisyah, 2007: 1). 
  • Sedangkan Reys (dalam Suwangsih, 2006: 4) berpendapat bahwa matematika adalah telaahan tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola berpikir, suatu seni, suatu bahasa dan suatu alat. 
  • James dan James (dalam Suwangsih 2006: 4), matematika adalah ilmu tentang logika, mengenai bentuk, susunan, besaran, konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya. Matematika terbagi dalam tiga besar yaitu aljabar, analisis, dan geometri. Tetapi ada pendapat yang menyatakan bahwa matematika terbagi menjadi empat bagian, yaitu aritmatika, aljabar, geometris, dan analisis dengan aritmatika mencakup teori bilangan dan statistika. 
Gambar: Pengertian Matematika
Permendiknas no. 22 (Depdiknas, 2006: 148) tentang standar isi tujuan matematika menyebutkan bahwa pembelajaran matematika pada satuan pendidikan SD/MI memiliki ruang lingkup yang meliputi aspek-aspek yaitu:
  • bilangan, 
  • geometri dan pengukuran, dan 
  • pengolahan data. 
Berdasarkan beberapa pengertian yang telah dikemukakan para ahli  di atas dapat disimpulkan bahwa Matematika merupakan suatu ilmu yang mempelajari jumlah-jumlah yang diketahui melalui proses perhitungan dan pengukuran yang dinyatakan dengan angka-angka atau simbol-simbol, matematika memiliki ruang lingkup yang meliputi aspek-aspek yaitu: (a) bilangan, (b) geometri dan pengukuran, dan (c) pengolahan data.

Sumber:
Suwangsih,  Erna  dan  Tiurlina.  2006. Model  Pembelajaran  Matematika.  UPI Press. Bandung.

Sekian uraian tentang pengertian matematika menurut para ahli, semoga bermanfaa.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Matematika Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment