Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Wacana Menurut Para Ahli

loading...

Pengertian wacana banyak dikemukakan para ahli bahasa, diantaranya:

Chaer (2003:267) yang menyatakan bahwa wacana adalah satuan bahasa yang lengkap sehingga dalam hierarki gramatikal merupakan satuan satuan gramatikal tertinggi atau terbesar. 

Sejalan dengan itu, Kridalaksana (1984:208) mengemukakan hal yang sama bahwa wacana adalah satuan bahasa terlengkap, dalam hierarki gramatikal merupkan satuan gramatikal tertinggi atau terbesar. 

Sementara itu, Wahab (1991:128) menyatakan bahwa wacana dapat diartikan sebagai organisasi bahasa yang lebih luas dari kalimat atau klausa, misalnya percakapan lisan atau naskah tulisan.

Berdasarkan beberapa pendapat yang dikemukakan di atas, admin mengacu kepada pendapat yang dinyatakan Chaer bahwa wacana adalah satuan bahasa yang lengkap sehingga dalam hierarki gramatikal merupakan satuan gramatikal tertinggi atau terbesar.

Gambar: Pengertian Wacana
Kohesi dalam Wacana
Persyaratan gramatikal dalam wacana dapat dipenuhi apabila dalam wacana tersebut sudah terbina yang disebut kekohesifan, yaitu adanya keserasian antara unsur satu dan unsur lain yang ada dalam wacana tersebut. Bila wacana itu kohesif maka dapat tercipta kekoherensian, yaitu isi wacana yang apik dan benar (Chaer, 1995:267).

Pendapat yang sama diungkapkan oleh pakar lain yang menyatakan bahwa kohesi adalah keserasian hubungan antara unsur yang satu dengan yang lain dalam wacana sehingga tercipta pengertian yang apik atau koheren. Kohesi merujuk pada pertautan bentuk, sedangkan koherensi mengacu pada pertautan makna (Djajasudarma, 1993:46).

Dari beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli di atas, peneliti mengacu pada pendapat yang dinyatakan Djajasudarma bahwa kohesi adalah keserasian hubungan antara unsur yang satu dengan unsur yang lain dalam wacana yang merujuk pada pertautan bentuk.

Sumber:
Harimurti Kridalaksana. 1984. Kamus Linguistik Edisi Kedua. Jakarta: PT Gramedia.

Sekian uraian tentang Pengertian Wacana Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Wacana Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment