Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Black Box Testing Menurut Para Ahli

loading...

Berikut pengertian Black-Box Testing menurut beberapa ahli. 
Menurut Pressman (2005, p551), Black-Box Testing adalah metode pengujian yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak.

Pengujian ini berusaha menemukan kesalahan dalam kategori sebagai berikut :
  1. Fungsi – fungsi yang tidak benar atau hilang,
  2. Kesalahan interface,
  3. Kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal,
  4. Kesalahan kinerja.


Menurut Rex Black, black box testing adalah suatu metode pengujian dimana tester hanya fokus pada apa yang seharusnya dilakukan oleh sistem (Black, 2009, p. 3). Sebuah tes dapat dikatakan berhasil ketika sebuah sistem dapat memproses data dan hasil yang ada sesuai dengan apa yang diharapkan. Ketika menggunakan metode black box, tester tidak perlu mengetahui bagaimana struktur dan desain data yang ada di dalam sistem. Mereka hanya melihat apakah sistem terjadi bugs atau tidak.

Menurut Nidhra dan Dondeti (2012:1), black box testing juga disebut functional testing, sebuah teknik pengujian fungsional yang merancang test case berdasarkan informasi dari spesifikasi.

Blackbox testing adalah tahap yang digunakan untuk menguji kelancaran program yang telah dibuat. Pengujian ini penting dilakukan agar tidak terjadi kesalahan alur program yang telah dibuat.

Menurut Rosa dan Salahuddin (2015:275) “Blackbox testing yaitu menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional tanpa menguji desain dan kode program”.

Menurut Rizky (2011:264) “Blackbox testing adalah tipe testing yang memperlakukan perangkat lunak yang tidak diketahui kinerja internalnya”. 

Sedangkan menurut Mustaqbal, dkk (2015:34) “Black Box Testing befokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak, kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada fungsional program”.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber.

Sekian uraian tentang Pengertian Black-Box Testing Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Black Box Testing Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment