Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Produksi dan Operasi

loading...

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai manajemen produksi dan operasi sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari manajemen produksi dan operasi yang akan kita bahas. 

Menurut Handoko (2003:3) Manajemen adalah Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota dan penggunaan sumber daya- sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Menurut Assauri (2008:18) Manajemen adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan atau mengoordinasikan kegiatan-kegiatan orang lain. Dalam pengertian ini terdapat tiga unsur yang penting, yaitu adanya orang yang lebih daripada satu, adanya tujuan yang ingin dicapai dan orang yang bertanggungjawab akan tercapainya tujuan tersebut. 

Dan menurut Kosasih dan Soewedo (2009:1) Manajemen adalah Pengarahan menggerakkan sekelompok orang dan fasilitas dalam usaha untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Assauri (2008:19) Manajemen produksi dan operasi merupakan kegiatan untuk mengatur dan mengoordinasikan penggunaan sumber-sumber daya yang berupa sumber daya manusia, sumber daya alat dan sumber daya dana serta bahan, secara efektif dan efisien, untuk menciptakan dan menambah kegunaan (utility) tercakup semua kegiatan atau aktivitas yang menghasilkan barang atau jasa, serta kegiatan-kegiatan yang mendukung atau menunjang usaha untuk menghasilkan barang atau jasa itu.

Menurut Herjanto (2008:15) Manajemen Operasi dan Produksi adalah sebagi suatu proses yang berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen uantuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien dalam rangka mencapai tujuan.

Menurut Pardede (2003:13) Manajemen Produksi dan Operasi adalah pengarahan dan pengendalian berbagai kegiatan yang mengolah berbagai jenis sumber daya untuk membuat barang atau jasa tertentu.

Gambar: Manajemen Produksi dan Operasi
Dari berbagai pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa Manajemen Produksi dan Operasi merupakan usaha-usaha pengelolaan sumber daya yang dimiliki suatu perusahaan secara optimal di dalam proses produksi dalam rangka menciptakan dan menambah nilai atau kegunaan suatu produk atau jasa.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber.

Sekian uraian tentang Pengertian Manajemen Produksi dan Operasi, semoga bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Manajemen Produksi dan Operasi

0 komentar:

Post a Comment