Kumpulan Pengertian Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Menurut Para Ahli

loading...

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban - Berbagai rumusan mengenai akuntansi pertanggungjawaban menurut pendapat para ahli akuntansi akan disajikan dibawah ini.

Menurut Hansen, Mowen (2005:116) definisi akuntansi pertanggungjawaban adalah sebagai berikut : 
”Akuntansi pertanggungjawaban adalah Sistem yang mengukur berbagai hasil yang dicapai oleh setiap pusat pertanggungjawaban menurut informasi yang dibutuhkan oleh para manajer untuk mengoperasikan pusat pertanggungjawaban mereka. 

Adapun akuntansi pertanggungjawaban me nurut Garrisson (2001:20) adalah sebagai berikut : 
A system of accounting in which costs are assigned to various managerial level according to where control of the costs deemed to rest, with the managers then held responsibility for difference betw een and actual results. 

Sedangkan akuntansi pertanggungjawaba n menurut LM Samryn (2001: 258) adalah sebagai berikut : 
“ Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem akuntansi yang digunakan untuk mengukur kinerja se tiap pusat pertanggungjawaban sesuai dengan informasi yang dibutuhkan manajer untuk mengoperasikan pusat pertanggungjawaban mereka sebagai bagian dari sistem pengendalian manajemen. 

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban

Dari berbagai definisi diatas, dapat ditarik suatu kesimpulan mengenai akuntansi pertanggungjawa ban sebagai berikut : 
  1. Akuntansi pertanggungjawaban merupakan su atu sistem akuntansi yang disusun berdasarkan struktur organisasi yang secara tegas me misahkan tugas, wewenang dan tanggung jawab dari masing-masing tingkat manajemen. 
  2. Akuntansi pertanggungjawaban mendorong para individu, terutama para manajer untuk berperan aktif dalam mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. 
  3. Penyusunan anggaran dalam akuntansi pert anggungjawaban adalah berdasarkan pusat-pusat pertanggungjawaban. Dari laporan pertanggungjawaban dapat diketahui perbandingan antara realisasi dengan anggarannya, sehingga penyimpangan yang terjadi dapat dianal isa dan dicari penyelesaiannya dengan manajer pusat pertanggungjawabannya. 
  4. Akuntansi pertanggungjawaban melaporkan hasil evaluasi dan penilaian kinerja yang berguna bagi pimpinan dalam penyusunan rencana kerja periode mendatang, baik untuk masing-masing pusat pert anggungjawaban maupun untuk kepentingan perusahaan secara keseluruhan.
Sedangkan menurut Mulyadi (1983 : 379-380) dikemukakan : “Akuntansi pertanggungjawaban adalah suatu sistem yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan dan pelaporan biaya dan penghasilan dilakukan dengan bidang pe rtanggungjawaban dalam organisasi dengan tujuan agar dapat ditunjuk orang atau kelompok yang bertanggungjawab terhadap penyimpangan dari biaya dan penghasilan yang dianggarkan”.

Sumber: Dikutip dari berbagai sumber.

Sekian uraian tentang Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

loading...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Menurut Para Ahli

0 komentar:

Post a Comment